Prestasi Belajar Meningkat Dengan Aplikasi

Salah satu teknologi yang mempengaruhi pembelajaran adalah internet. Teknologi internet tidak dibatasi oleh jarak dan waktu, keunggulan internet mempermudah proses pembelajaran yang bisa dilakukan dimana dan kapan saja. Ditambah lagi jika terdapat hal-hal yang tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka, seperti pada saat ini sedang terjadi pandemi covid-19. Penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran jarak jauh akan sangat membantu proses pembelajaran.

Menurut Darmayanti (2007) pembelajaran daring adalah perpaduan antara konsep pembelajaran dan pembelajaran yang menggunakan teknologi internet. Pembelajaran daring menggunakan konsep belajar jarak jauh yang menggunakan teknologi informasi dan telekomunikasi. Dalam penggunaan internet khususnya pada pembelajaran daring dengan memanfaatkan situs website adalah sarana yang juga efektif, hal ini dikarenakan pemanfaatan situs website memiliki fitur-fitur yang memudahkan proses pembelajaran.

Di masa pandemi covid-19 ini peserta didik di SMP Negeri 1 Ngadirojo tahun pelajaran 2020/2021 melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan menggunakan media whatsapp grup. Pada mata pelajaran IPA kompetensi dasar         menerapkan konsep bioteknologi dan peranannya dalam kehidupan manusia kurang maksimalnya kreativitas dan prestasi peserta didik dilihat saat melaksanakan pembelajaran jarak jauh ini. Berawal dari hasil pekerjaan yang dikirim melalui media whatsapp grup pada siswa kelas IXC semester genap tahun pelajaran 2020/2021 dari 28 peserta didik yang mengirimkan hasil pekerjaan hanya 8 peserta didik, kreativitas rendah dan nilai rata – rata kelas penilaian harian 65,54.

Berdasarkan hasil evaluasi yang menjadi penyebab kreativitas dan prestasi peserta didik rendah karena media pembelajaran jarak jauh yang dilakukan kurang menarik. Untuk dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar tersebut, maka  penulis perlu mengubah media pembelajaran jarak jauh menjadi lebih menarik. Salah satu media yang dapat diterapkan agar tercipta pembelajaran yang menarik adalah menggunakan google sites.

Google sites adalah salah satu media webstite yang bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Google sites merupakan cara mudah dalam membuat informasi yang bisa diakses oleh orang yang membutuhkan secara untuk menambahkan berkas file lampiran serta informasi dari aplikasi google lainnya seperti google docs, sheet, forms, calender, dan  lain sebagainya. Dengan fitur-fitur yang ditawarkan google sites dapat menunjang pembelajaran (Arief, 2017).

SMP Negeri 1 Ngadirojo adalah sekolah adiwiyata nasional yang akan menuju menjadi sekolah adiwiyata mandiri, untuk itu kegiatan pembelajaran harus di implementasikan dengan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan adiwiyata. Pada materi bioteknologi ini penulis membuat google sites tantang cara pembuatan hidroponik dari barang bekas. Pemanfaatan barang bekas ini salah satu program adiwiyata 3R yaitu reuse (menggunakan kembali), reduce (mengurangi), dan recycle (mendaur ulang).

Langkah penggunaan google sites dalam pembelajaran adalah pertama mengunggah materi pembelajaran pada google sites, siswa tinggal mengunjungi google sites guru dengan alamat yang telah ditentukan. Pada pembelajaran ini penulis membuat dengan alamat sites.google.com/view/media-pembelajaran-hidroponik/halaman-muka. Kedua menyimpan silabus yang berisi kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran selama satu semester, yaitu dengan menyimpan pada google sites akan membuat peserta didik mengetahui materi yang akan dibahas di kelas pada pertemuan selanjutnya. Ketiga memberikan tugas, yaitu dengan pengumuman tugas yang diberikan melalui google sites, peserta didik didorong untuk mengunjungi google sites guru secara berkala agar tidak tertinggal informasi mengenai tugas. Keempat memberi pengumuman pada peserta didik melalui google sites, seperti memberi link internet yang terkait dengan materi pembelajaran. Kelima mengunduh dan melihat tugas peserta didik pada google sites yang kemudian dapat dilihat dan dinilai oleh guru.

Setelah menerapkan media pembelajaran jarak jauh (PJJ)dengan menggunakan google sites pada materi bioteknologi dan peranannya dalam kehidupan manusia di kelas IXC semester ganap tahun pelajaran 2020/2021 peserta didik sangat tertarik sehingga terjadi peningkatan kreativitas dan prestasi, ini dilihat dari motivasi dalam mengirimkan hasil pekerjaanya meningkat mencapai 28 peserta didik, kreativitas tinggi, dan uji kompetensi yang telah dilakukan nilai rata – rata kelas meningkat menjadi 85,19. Ini terbukti bahwa pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan google sites dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi. Dengan penggunaan google sites ini guru juga lebih kreatif dalam membuat materi yang di sampaikan kepada peserta didik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *