Berbagi Ilmu Bersama Pasti Bisa

Sabtu, 10 Oktober 2020

Buku Ber-ISBN

 Untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui program adiwiyata penulis membuat 4buku antara lain :

1. ADIWIYATA PASTI BISA ( JULI 2019 )


Dalam rangka mengembangkan pengetahuan serta wawasan lingkungan hidup kepada peserta didik dan masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Lingkungan Hidup meluncurkan program sekolah berwawasan lingkungan yang lebih dikenal dengan sekolah adiwiyata. Sekolah yang melaksanakan program ini adalah sekolah yang  peduli terhadap pencegahan, pelestarian, pencemaran dan kerusakan lingkungan. Program ini merupakan upaya sekolah untuk peduli lingkungan yang sehat, bersih serta indah sehingga mendukung proses pembelajaran di sekolah.

Buku ini mengupas pengertian adiwiyata, strategi mewujudkan sekolah adiwiyata, penilaian dan penghargaan sekolah adiwiyata, dan pengalaman penulis di SMP Negeri 1 Ngadirojo dalam meraih sekolah adiwiyata nasional.

Buku ini sangat bermanfaat pagi guru, peserta didik, praktisi pendidikan dan masyarakat umum yang peduli terhadap lingkungan. Buku ini membahas tuntas strategi dalam mewujudkan sekolah adiwiyata yang di integrasikan dalam kegiatan pembelajaran sampai pada contoh RPP yang berwawasan lingkungan. Selain bermanfaat, diharapkan buku ini juga menjadi pengingat agar kita lebih peduli dalam melestarikan lingkungan hidup.

2. ADIWIYATA MENGGAPAI CITA ( JANUARI 2020 )

Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) adalah unsur utama yang kegiatannya diberikan angka kredit untuk pengembangan karier guru yang profesional. PKB mencakup tiga hal yaitu pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif. Melalui kegiatan PKB akan terwujud guru yang profesional dan memiliki kepribadian yang matang, kuat dan seimbang serta diharapkan guru terampil membangkitkan minat peserta didik untuk  memiliki keterampilan abad 21 atau di istilahkan dengan 4C yaitu communication (komunikasi), collaboration, (kolaborasi), critical thinking and problem solving (berpikir kritis dan pemecahan masalah), dan creativity and innovation (kreativitas dan inovasi).

Buku ini memuat kisah penulis dalam melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) melalui program adiwiyata. Penulis memaparkan pengalaman melaksanakan dan mengembangkan program adiwiyata yang awalnya banyak mengalami tantangan dan hambatan, tetapi akhirnya program adiwiyata ini membuat penulis dapat mengembangkan karier yang dapat dipakai dalam kenaikan pangkat dan jabatan serta bisa mengapai cita yang semula hanya dalam mimpi saja.

Buku ini sangat tepat dan bermanfaat bagi para pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik, dan masyarakat umum yang bisa dijadikan motivasi di semua kalangan untuk bekerja keras, berkomitmen, dan berprestasi lewat program adiwiyata.

3. ADIWIYATA DARI HATI ( MEI 2020 )

Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan oleh pemerintah, pemerintah daerah provinsi, dan pemerintah daerah kabupaten atau kota kepada sekolah yang berhasil melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah.

Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di sekolah adalah aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah dalam menerapkan sikap perilaku ramah lingkungan. Yaitu sikap dan tindakan warga sekolah dalam menjaga dan melestarikan fungsi lingkungan hidup.

Pelaksanaan program adiwiyata ini akan terwujud apabila didasarkan dari kesadaraan hati warga sekolah, bahwa adiwiyata adalah salah satu perintah dari Tuhan Yang Maha Esa yaitu bahwa kita diwajibkan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah perbuatan yang merusak lingkungan di muka bumi ini.

Buku ini memuat kisah sahabat adiwiyata SMP Negeri 1 Ngadirojo Wonogiri dalam melaksanakan program adiwiyata. Bahwasanya kemampuan warga sekolah untuk memiliki keterampilan abad 21 atau di istilahkan dengan 4C yaitu communicationcollaborationcritical thinking and problem solvingcreativity and innovation dan melaksanakan penerapan 3R (reuse, reduce,  recycle) di lingkungan sekolah.

Buku ini sangat tepat dan bermanfaat bagi para pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik, dan masyarakat umum yang bisa dijadikan semangat di semua kalangan untuk bekerja keras, berkomitmen, dan berprestasi dalam melaksanakan program adiwiyata dari hati

4. ADIWIYATA MENGUKIR PRESTASI (AGUSTUS 2020)


Pendidikan Karakter adalah belajar mengenai kebiasaan dalam berfikir dan berperilaku untuk membentuk setiap individu untuk saling berkerjasama dalam kehidupan bermasyarakat yang melibatkan aspek pengetahuan (cognitive), perasaan (feeling) dan tindakan (action) Pendidikan Karakter yang diterapkan secara sistematis dan berkelanjutan akan menjadikan seorang warga sekolah menjadi seseorang yang cerdas emosinya.

Gerakan PBLHS lebih dikenal dengan gerakan adiwiyata merupakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah yang merupakan aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup.

Impementasi karaktar adiwiyata ini yang diterapkan akan dapat meningkatkan prestasi seluruh warga sekolah dan membentuk warga sekolah memiliki keterampilan abad 21, yang di kenal denga istlah 4C yaitu communication (komunikasi), collaboration (kolaborasi), critical thinking and problem solving (berpikir kritis dan pemecahan masalah), creativity and innovation (kreativitas dan inovasi).

Buku ini membahas tentang pengalaman penulis dan peserta didik dalam melaksanakan implementasi karakter adiwiyata yang dapat meningkatkan prestasi akademik peserta didik dan meningkatkan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB).

Buku ini sangat tepat dan bermanfaat bagi para pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik, dan masyarakat umum untuk dijadikan motivasi di semua kalangan untuk menanamkan karakter adiwiyata peduli lingkungan, peduli sosial, disiplin, kreatifitas, dan tanggung jawab.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support